Gejala Kanker Payudara

Gejala Kanker Payudara Stadium 3 Dan Penanganan Pasca Operasi

Gejala kanker payudara stadium 3 di antaranya adalah ukuran tumor yang mencapai 2-5 cm serta tumor telah terdapat pada jaringan di sekitar payudara. Namun dalam stadium ini, kanker belum menyebar ke bagian tubuh lainnya. Kanker payudara pada stadium 3 masih dapat disembuhkan melalui operasi dan langkah penanganan pasca operasi, seperti kemoterapi dan juga radioterapi. Operasi yang dilakukan sendiri dapat berupa lumpektomi atau pengangkatan tumor. Jenis operasi lainnya adalah mastektomi atau pengangkatan payudara, namun langkah ini hanya umum dilakukan apabila kanker sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain. Lumpektomi terutama akan dilakukan apabila ukuran tumor masih terbilang kecil serta belum menyebar.

 

Pasca dilakukannya operasi, masih akan dilakukan lagi kemoterapi. Tujuannya adalah menghancurkan sel-sel kanker. Dalam kemoterapi akan digunakan kombinasi antara obat-obatan antikanker yang telah ditentukan dokter berdasarkan gejala kanker payudara, jenis kanker serta tingkat penyebarannya. Namun, kemoterapi memiliki efek samping yaitu turut mempengaruhi sel-sel yang sehat. Pencegahan serta pengendalian sebagian dari efek sampingnya akan ditangani obat-obatan lain dari dokter. Efek samping dari pengobatan untuk gejala kanker payudara stadium 3 ini di antaranya ialah kehilangan nafsu makan, rambut rontok, mual, muntah, rentan infeksi, perih dalam mulut, kelelahan hingga sariawan. Selain itu, kemoterapi juga dapat menghambat produksi dari hormon estrogen dalam tubuh.

 

Di samping kemoterapi, dapat dilakukan pula radioterapi. Langkah satu ini berfungsi dalam memusnahkan sisa-sisa sel kanker menggunakan dosis radiasi yang masih terkendali. Radioterapi umumnya akan diberikan satu bulan pasca operasi serta kemoterapi. Tujuannya agar tubuh bisa pulih terlebih dahulu. Namun, tidak semua penderita kanker membutuhkan radioterapi ini. Sama seperti kemoterapi, radioterapi juga memiliki efek samping. Beberapa di antaranya adalah iritas yang membuat kulit pada payudara tampak merah dan terasa perih. Efek samping lainnya ialah kelalahan serta kelebihan cairan pada lengan sebagai akibat dari kelenjar getah bening yang tersumbat. Demikian adalah gejala kanker payudara stadium 3 serta penanganan yang diberikan pasca operasi. Semoga uraian di atas bermanfaat.