Hiburan

Resep Masakan Tradisional Ayam khas Jawa Timur

Resep masakan tradisional ayam di seluruh Indonesia tentunya beragam. Di setiap daerah memiliki cara yang berbeda untuk memasak ayam. Sehingga ayam juga bisa memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Meskipun ayam yang digunakan jenisnya sama bisa jadi jika dimasak di daerah berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda juga. Di Jawa Timur sendiri resep masakan ayam cenderung memiliki cita rasa gurih dan pedas. Hal ini sesuai dengan selera masyarakat Jawa Timur yang menyukai pedas. Banyak dijumpai makanan pedas disini mekipun tidak separah daerah lainnya seperti Lombok yang sangat doyan pedas. Ayam dalam masakan tradisional Jawa Timur juga berbeda-beda bentuknya. Ada banyak masakan yang dibuat dengan bahan ayam dan biasa dimasak di rumah.


Berikut ini adalah resep maskan tradisional Jawa Timur dengan bahan baku ayam.


1.     Kari Ayam
Kari Ayam atau Kare Ayam merupakan masakan yang bahan utamanya ayam. Masakan ini ada yang bersantan dan tidak. Namun untuk kepraktisan biasanya dihilangkan santannya. Bahan utamanya ayam yang biasanya menggunakan ayam potong biasa. Selanjutnya bisa ditambahkan tahu agar semakin nikmat.
2.     Ayam Bumbu Bali
Masakan ayam lainnya yakni Ayam Bumbu Bali yang terlihat sekali dengan bumbu merahnya. Ayam dengan bumbu bali ini dimasak dengan menggunakan cabai merah dan cabai rawit sesuai selera. Bahan utamanya tentu ayam potong dan bisa ditambah tahu, tempe, atau telur.
3.     Semur Ayam
Masakan lainnya yang berasal dari olahan ayam adalah semur. Semur Ayam merupakan masakan yang juga khas di daerah Jawa Timur. Masakannya cukup gurih meskipun ada sedikit rasa manis dari kecap. Semur ayam ini jarang dimasak pedas seperti masakan lainnya yang ditambahkan cabai.
4.     Ayam Goreng
Ayam goreng khas Jawa Timur mungkin tidak jauh berbeda dengan daerah lain. Sebelum digoreng biasanya ayam akan diukep dengan menggunakan bumbu halus yang sudah disiapkan sehingga membuat cita rasanya nikmat dan gurih sekali.
Itulah beberapa menu masakan ayam khas Jawa Timur. Keseluruhan rasanya bisa ditebak yakni gurih dan asin atau pedas. Sesuai sekali dengan selera masyarakat timur.